Ketahui Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Penularan Virus

Masker kini telah berubah menjadi barang wajib yang harus selalu kita gunakan ketika beraktivitas, khususnya di luar rumah. Karena itu, masker merupakan suatu kebutuhan bagi seluruh masyarakat di dunia. Menutup hidung dan mulut menggunakan masker memang bisa dikatakan sebagai salah satu cara terbaik dalam mencegah penyebaran virus. Tapi nyatanya, banyak masyarakat yang masih salah dalam menggunakan masker. Salah satu yang sering kita lihat adalah ketika banyak masyarakat yang memakai masker di bawah dagu atau leher. Padahal, masker juga bisa terpapar oleh virus yang ada di area dagu dan leher.

Lalu, bagaimana cara menggunakan masker yang benar untuk mencegah penyebaran virus? Simak beberapa cara yang benar menurut Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia berikut ini!

  1. Mencuci tangan yang bersih sebelum menggunakan masker
    Sebelum memasang masker, pastikan kamu untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Jika tidak ada air dan sabun, kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol minimal 60%.
  2. Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung
    Pastikan area mulut dan hidung tertutup masker dan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  3. Hindari menyentuh masker saat digunakan
    Jangan menyentuh masker yang kamu gunakan. Bila tersentuh, cuci tangan kamu kembali menggunakan sabun dan air mengalir, atau dengan menggunakan cairan pembersih tangan.
  4. Ganti masker yang basah dengan masker baru
    Jika masker kamu basah atau lembab, maka kamu harus menggantinya dengan masker yang baru. Sebagai informasi tambahan, masker medis adalah masker sekali pakai, jadi pastikan kamu hanya menggunakan satu kali saja. Sedangkan masker non-medis dapat digunakan berulang kali setelah dicuci dengan cara yang benar.
  5. Untuk membuka masker, lepaskan dari belakang
    Jangan sentuh bagian depan masker saat membukanya. Untuk masker satu kali pakai seperti masker medis, segera buang di tempat sampah tertutup atau kantong plastik setelah tidak digunakan. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen sampai bersih.

Selain cara-cara menggunakan masker yang benar di atas, kamu juga harus selalu ingat untuk memperhatikan bagian-bagian masker yang tepat khususnya masker medis ketika kamu menggunakannya. Berikut ini beberapa informasi penting yang harus kamu ketahui ketika menggunakan masker medis.

– Cari sisi luar masker
Jika masker memiliki dua warna seperti biru dan putih, maka sisi berwarna biru merupakan sisi luar masker. Sedangkan sisi berwarna putih adalah sisi yang menempel langsung dengan kulit.

– Tentukan sisi atas masker
Umumnya, sisi atas masker ditandai dengan adanya garis kawat hidung.

– Kaitkan tali karet di belakang telinga (untuk masker yang menggunakan karet)
Kamu bisa langsung mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung kamu agar masker lebih tertutup rapat dan tidak ada sela. Panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawah untuk menutupi semua bagian yang perlu ditutup yaitu hidung, mulut dan dagu.

– Kaitkan tali di kepala bagian atas (untuk masker dengan menggunakan tali)
Posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu, lalu ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.

Itu dia beberapa tips cara menggunakan masker yang baik dan benar. Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi masker. Pastikan masker benar-benar bersih dan tidak ada kerusakan seperti berlubang untuk perlindungan yang maksimal. Selain itu, pastikan juga kamu untuk menggunakan masker bukan sekedar untuk kewajiban, tapi memang sebagai usaha untuk mencegah penyebaran virus agar kita selalu sehat meskipun harus beraktivitas di luar rumah.

Stay safe!

Share this post